Wednesday, November 30, 2011

Fotocopy Yang Ramah Lingkungan

Mesin fotokopi adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotokopi zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Mesin fotokopi lainnya dapat menggunakan tinta
Mesin fotocopy sangat bermanfaat bagi masyarakat dari anak sekolah dasar hingga dewasa.Mesin fotocopy sangat membantu masyarakat dalam mengerjakan pekerjaannya.Dengan mesin fotocopy kita dapat menggandakan file dalam bentuk kertas sesuai kebutuhan kita.
Proses foto copy adalah  Lembaran kertas foto copy dioperasikan dengan merefleksikan lampu dari sumber lampu mesin foto copy tersebut, suatu gambar diproyeksikan pada suatu “photoreceptor” , yang mana suatu tabung atau pita diisi secara electrical. Permukaan tabung adalah photosensitive, dimana tabung tersebut akan kehilangan muatan electrostatic ketika terpapar lampu. Lampu yang direfleksikan menghasilkan suatu bentuk muatan pada tabung atau pita dan meninggalkan gambar tetap. Muatan electrostatic mengenai toner dan menghasilkan gambar pada kertas yang disebabkan adanya panas dan tekanan.
 Copy berwarna menggunakan proses dasar electomagnetic yang sama. Bagaimanapun, mereka mempunyai 3 (tiga) system toner, yang berhubungan dengan warna dasar utama yaitu, hijau, merah dan biru.
Namun mesin fotocopy mempunyai dampak buruk terhadap lingkungan yaitu gas ozonnya yang dapat membuat iritasi mata,merusak paru-paru,membuat radang tenggorokan dan pernapasan.Untuk itu masyarakat harus memilih mesin fotocopy yang beremisi ozon rendah atau yang dilengkapi dengan filter carbon aktif dan secara rutin membersihkan mesin fotocopy baik bagian dalam maupun luar agar mesin fotocopy dapat menjadi mesin yang ramah lingkungan.
sumber :wikipedia dan union safe

No comments:

Post a Comment